Ujian Akhir Semester Produksi Aneka Ternak Unggas

A. Asal-usul entok

Menurut Muharlaien et al, (2017) entok, atau itik manila, atau mentok (Cairina moschata) termasuk unggas air, yang termasuk keluarga itik. Entok mempunyai beberapa nama yaitu menthok, entok, itik manila atau bebek manila, Muzcovy, itik guinea, Barbari, Cairon, atau Pato. Dalam bahasa Inggris entok disebut Muscovy Duck atau Barbary Duck tempat diperkenalkan pertama kali sebelum diperkenalkanContinue reading “A. Asal-usul entok”

B. Klasifikasi entok

Klasifikasi ternak entok menurut Rose(1977), dapat digolongkan sebagai berikut: Kingdom      : Animalia Subkingdom : Metazoa Phylum         : Chordata Subphylum : Vertebrata Class             : Aves Ordo             : Anseriformes Family          : Anatinae Genus           : Cairina Species         : Cairina moschata Entok liar pada awalnya memiliki dua warna yaitu hitam dan putih, namun dampak dari domestikasi menyebabkan perubaaan salahContinue reading “B. Klasifikasi entok”

C. Pakan

Pakan merupakan faktor penting dalam proses pertumbuhan, kinerja produksi, tingkat konsumsi serta kualitas daging yang dihasilkan, sehingga perlu dipertimbangkan kandungan dan kesimbangan nutrient didalamnya. Kebutuhan protein dan energi metabolisme pakan untuk entok masih mengacu kepada kebutuhan itik pedaging. Kebutuhan ransum entok umur 4-6 minggu sekitar 14,5-15% bobot badan 1085 gram, dan komposisi ransum 2850 gramContinue reading “C. Pakan”

D. Perkandangan

Di Indonesia, entok berkembang pada peternak kecil dengan pola pemeliharaan ekstensif dan semi intensif (Tamzil 2008). Pemeliharaan secara ekstensif adalah pola pemeliharaan dengan cara entok dibiarkan berkeliaran pada siang dan malam hari tanpa dikandangkan, hanya diberi pakan tambahan berupa sisa-sisa dapur dan dedak. Pemeliharaan secara semi intensif adalah pemeliharaan yang dilakukan dengan cara ternak dibiarkanContinue reading “D. Perkandangan”

E. Perkawinan

Usia kawin entok sendiri biasanya dimulai pada umur kurang lebih 6 bulan. Proses perkawinan pada entok dapat dilakukan melalui perkawinan alami atau bisa juga menggunakan teknologi Inseminasi Buatan (IB) (Tamzil, 2018). Perkawian secara alami dilakukan dengan cara setiap kandang ditempatkan 4 buah sarang dengan 4 ekor entok betina dewasa dan 1 ekor pejantan yang dijadikanContinue reading “E. Perkawinan”

F. Produk

Entok (Cairina moschata) merupakan salah satu jenis ternak unggas domestik yang mempunyai peranan cukup besar sebagai unggas penghasil daging. Entok merupakan jenis unggas air yang memiliki pertumbuhan dan persentase karkas yang relative lebih baik dibandingkan dengan itik, sehingga produk utama dari entok adalah dagingnya. Daging entok berkualitas tinggi karena berlemak rendah dan rasanya gurih (Tamzil,Continue reading “F. Produk”


Follow My Blog

Get new content delivered directly to your inbox.

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: